Jumat, 13 Juli 2018

Inilah Penyebab yang Bikin Kayu Sengon Jadi Mahal

Tidak mengherankan apabila Wahyu Widodo si Raja Sengon dapat tajir melintir dikarenakan bisnisnya. Karena, harga panen dari pohon sengon juga cukup tinggi, untuk ukuran per mtr. kubik, kayu dari pohon sengon dapat dihargai hingga Rp 1 juta.

Direktur Eksekutif Asosiasi Entrepreneur Rimba Indonesia (APHI) Purwadi Soeprihanto menuturkan tingginya harga kayu sengon itu karena jumlahnya industri olahan kayu yang memanfaatkannya.

" Ini keinginan supply industri kayu lapis di Jawa ini mengagumkan sekali. Dahulu sengon itu hampir tidak ada harga nya, orang pada malas tanam. Namun saat ini demikian industri-industri pada geser ke Jawa, ini booming harga nya mengagumkan sekali, " tuturnya pada detikFinance, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

BAca Juga: harga kaca cermin

Purwadi menyampaikan, jika kayu sengon jadi pilihan paling utama beberapa industri pemrosesan kayu untuk menukar product kayu alam, seperti jati, yang makin susah di cari.

Artikel Terkait: sendi engsel  

" Supply kapabilitas kayu alam makin alami penurunan, hingga substitusi kayu alam banyak mengarah rimba tanaman. Bila kayu alam kan banyak diluar jawa ya, saat ini kayu sengon ini banyak jadi substitusi kayu alam, " tuturnya.

Selanjutnya dia menuturkan, jika tingginya harga kayu juga dikarenakan oleh akses logistik yang ada di Pulau Jawa lebih gampang di banding luar Jawa.

" Mengapa harga nya relatif tinggi, karena akses di Jawa kan mengagumkan. Beda dengan diluar Jawa, truk pengangkut kayu, di Jawa dengan truk kecil saja telah dapat angkut hasil panennya. Diluar Jawa kita mesti investasi logging truk yang besar-besar, bila di Jawa dengan mobil pick-up kecil saja telah dapat, " katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar