Minggu, 14 Oktober 2018

Limbah Batu Bara Rowokele Kebumen Disulap Jadi Batako

Sampah batu bara nyatanya masih tetap tersisa manfaat yang mengagumkan, diantaranya jadikan bahan baku pembuat batako. Seseorang investor mengakui tertarik membangun pabrik pembuatan batako memiliki bahan baku sampah batu bara di Kecamatan Rowokele Kebumen.

Perihal ini diapresiasi positif oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen. Akan tetapi, untuk wujudkan gagasan itu investor itu mesti mengolah perizinannya terlebih dulu di Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan.

"Kami begitu mengapresiasi kemauan penanam modal yang berkemauan buka usaha pengendalian sampah batu bara di Kebumen. Akan tetapi, sesuai dengan ketentuan mesti terlebih dulu mengakhiri perizinannya dengan kementerian berkaitan," tutur Kabid Izin Usaha Dinas Penanaman Modal serta Service Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kebumen, Karyanto pada KRJogja.com, di ruangan kerjanya, Selasa, 17 Juli 2018.

Sayup-Sayup Pungutan liar di 5 Sekolah Negeri Banyumas
Sedang, Kasi Penaatan serta Pengkajian Efek Lingkungan Dinas Perumahan Lokasi Pemukiman serta Lingkungan Hidup (Disperumkimlh) Kebumen, Siti Durotul Yatimah, menuturkan jika izin pengendalian sampah B3 (bahan beresiko serta beracun) seperti sampah batu bara adalah kewenangan Pemerintah Pusat, yakni Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan (Kemenlhhut).

Baca Juga: ukuran bata ringan 

"Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang (UU) 32 tahun 2009 mengenai Perlindungan serta Pengendalian Lingkungan Hidup serta Ketentuan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomer 18/2009 mengenai Tata Langkah Perizinan Sampah B3," tutur Siti.

Artikel Terkait: ukuran batu bata 

Mengenai pemahaman pengendalian sampah menurut Siti mencakup pengumpulan, pemakaian, pemrosesan, penumpukan serta dumping sampah. Berkaitan pemrosesan sampah batu bara jadi batako, sekarang ini adalah salah satunya pilihan yang direferensikan Kemenlhhut dalam soal pemakaian sampah batu bara.

"Menjadi sampah B3 jadi sampah batu bara itu nanti akan di proses demikian rupa jadi bahan bangunan yang aman buat lingkungan. Sebab, tehnologi membuatnya sangat mungkin batako yang dibuat aman buat lingkungan," jelas Siti.

1 komentar: