Kamis, 18 Januari 2018

Begini Penyebab Tahun Ini Sleman Patenkan Genteng Godean

Sebagian perajin genteng di Godean dan Seyegan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sekarang ini memiliki merk genteng yang sudah dipatenkan, yaitu Genteng Godean. Kepastian ini setelah harga genteng beton itu sudah terdaftar di hak kekayaan intelektual (HKI).
Jadi tindak lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Sleman kerjakan soft launching HKI merk Genteng Godean di lantai III kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Rabu (27/12/2017).
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Tri Endah Yitnani mengatakan, dengan dipatenkannya merk genteng itu, perajin genteng yang ada di sentra industri harga genteng metal pasir dapat memakainya untuk keperluan pemasaran. Selain itu, product mereka juga sudah dilindungi sebab yang akan ikuti sudah tidak bisa lagi dengan hukum.
” Ini butuh, sebab product genteng Godean yaitu product yang sudah lama ada dan berkembang di tempat Kecamatan Godean dan Seyegan dengan turun-temurun, ” kata Tri Endah Yitnani saat soft launching merk Genteng Godean.
Karena itu, setelah merk ini dipatenkan, beberapa hal beda yang butuh ditangani yaitu sosialiasi, sampai namanya akan familiar, baik di grup aktor usaha genteng maupun beberapa orang luas. Namun sekian, sebagian perajin genteng di Godean dan Seyegan tetaplah harus melindungi kualitas produksinya. Berbeda dengan harga atap kanopi.
” Dikehendaki dengan langkah ini, Genteng Godean dapat bersaing dengan product genteng dari daerah lain yang sudah memiliki nama, ” jelas sisa kepala dinas Pasar Sleman itu.
Ketua Asosiasi Perajin Genteng Sleman, Sembada Manunggal Sukiman memberi, dengan terdapatnya merk ini, bukan hanya berikan perlindungan pada product genteng di Godean dan Seyegan, juga aktor usaha industri genteng di tempat Sleman. Termasuk product kerajinan dengan bahan baku tanah liat.
” Terlebih dulu ada merk ini, merk genteng yang di produksi cukup banyak, sampai setelah ada merk ini sebagian perajin bisa memakainya. Meski begitu, untuk pembuatan genteng tetaplah harus penuhi prasyarat yang sudah ditetapkan asosiasi, ” paparnya.
Dalam soft launching merk Genteng Godean juga ditangani serah terima buku tips penggunaan merk dan penyerahan kartu anggota merk kolektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar